Doa umroh merupakan salah satu hal yang perlu kamu pelajari agar ibadah umroh kamu disebut sebagai umroh mabrur. Maksud mabrur di sini yaitu di terima oleh Allah swt.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, bahwa setiap ada orang yang akan melaksanakan ibadah umroh biasanya orang-orang akan titip doa. Hal ini dilakukan karena katanya doa tersebut akan dikabulkan.

Nah, di sini aku mau kasih kumpulan doa umroh lengkap sesuai sunnah. Yuk, langsung saja simak, supaya kamu bisa langsung paham sehingga ibadah umrohnya berjalan dengan baik.

Kumpulan Doa Umroh Lengkap Sesuai Sunnah

Perlu kamu ketahui, harus kamu baca nanti saat sedang melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Jadi, dari rumah harus sudah mempersiapkan diri, lalu membaca niat umroh sampai selesai melaksanakan ibadah umroh.

Berikut ini kumpulan doa umroh yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Yuk, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

1. Doa Niat Umroh

doa umroh

Sebelum Anda pergi ke Tanah Suci, yang terbaik adalah melakukan dua shalat sunnah terlebih dahulu.

Nah, setelah melaksanakan shalat sunnah dua rakaat. Kamu diharuskan membaca doa niat umroh disertai hati yang bersih.

Namun sebelum membaca doa ini, badan kamu diwajibkan suci dari hadas besar maupun hadas kecil. Hal ini dilakukan bertujuan supaya ibadah kamu sah. Jadi, di sini kamu harus mandi wajib dan berwudhu terlebih dahulu.

Berikut ini adalah bacaan Latin dari doa niat: Labbaikallahumma ‘umratan”

Jadi, pertama-tama yang harus kamu baca yaitu niat umroh. Doa niat umroh ini harus di baca saat berada di Qornul Manazil 15 menit sebelum mendarat di Jeddah. Tapi ini khusus jamaah umroh yang berasal dari Indonesia saja.

2. Membaca Talbiyah Berulang Kali Sampai Tawaf

doa umroh

Doa payung kedua adalah melafal talbiyah berulang-ulang sampai tawaf. Doa talbiyah ini harus dibaca setelah melakukan ihram di Miqat.

Doa talbiyah ini dibacakan sebagai Utusan Allah (semoga damai besertanya) juga membacakan ini saat melakukan umroh dan ziarah .

9 Perbedaan Haji dan Umroh Paling Lengkap dan Detail Beserta dengan Dalil Al Quran

Selain itu, doa talbiyah ini harus dibaca tiga kali, diikuti dengan membaca doa nabi dan doa pendek lainnya (yang Anda hafalkan). Berikut ini adalah pelafalan doa talbiyah dalam bahasa Latin yang harus Anda hafal dengan baik. Mari kita membaca doa-doa di bawah ini!

“Labbaik allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innalhamda dengan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak”

Jadi, intinya adalah Anda harus membaca doa Talbiyah. Baca doa talabiyah dengan keras. Tapi intinya di sini bukan menjerit.

3. Doa Umroh Sebelum Memulai Tawaf

Doa umroh yang ketiga yaitu sebelum mulai tawaf. Jadi, sebelum memulai tawaf, kamu disarankan untuk menghadapkan sebagian badan ke arah Hajar Aswad sambil membaca doa “Bismillahi Allahu akbar” terlebih dahulu.

Setelah tawaf dimulai kamu juga harus membaca doa ini:

“Subhhanallah walhamdulillaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wala haulaa wala kuwwata illaa bilaahil-aliyyil – azim, was salatu – was – salamu’ala rasuillahi sallallahu ‘alaihi wa sallam. Allahumma imanan bika wa tasdiqan wa wa’faan bi ‘ahdika attiba’an lisunnatika nabiyyika muhammadin sallallahu’ alaihi wa sallam. Allahumma inni sebagai ‘alukal afwa wal afiyarawal mu’afatad, wal fauza bil jannati wan najata minan-nar.

Selanjutnya disambung dengan membaca doa tawaf yang ini “Robbanaa aatina fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qina adzaa bannaar”. Doa ini harus kamu baca ketika berada di antara Hajar Aswad dan rukun Yamani.

4. Doa Umroh Setelah Menyelesaikan Tawaf

Doa umroh yang keempat yaitu setelah menyelesaikan tawaf. Nah, ketika kamu sudah melaksanakan tawaf sebanyak tujuh kali putaran sebaiknya langsung menuju makam Ibrahim. Dan pada saat kamu menuju makam Ibrahim sebaiknya membaca doa seperti ini:

“Wattakhidzuu min maqoomi ibroohiima musholla”

Artinya: “Dan jadikanlah sebagian dari makanan Abraham sebagai tempat berdoa”.

Setelah itu, Anda juga disarankan untuk melakukan dua shalat sunnah. Rakaat pertama membaca surat al-Kafirun dan rakaat kedua al-Ikhlas.

Dan perlu kamu ingat bahwa tata cara tawaf itu dengan berjalan cepat pada putaran pertama sebanyak tiga kali dan berjalan biasa pada putaran kedua sebanyak empat kali. Kemudian saat melakukan tawaf, usahakan untuk tetap membaca shalawat atau doa lainnya.

5. Doa Umroh Selanjutnya yaitu Sa’i

Doa sholat kelima adalah sa’i. Sa’i berjalan bolak-balik antara bukit Shafa dan Marwah tujuh kali. Tetapi sebelum Anda mulai, Anda harus membaca doa ini terlebih dahulu.

Pengertian Manasik Umroh Paling Lengkap Dengan Tata Cara Sesuai Sunnahnya

“Abda ubimaa bada Allaahu bihi warasuuluh. Innasshafaa wal marwata min sya’aaairillaah. Famanhajjal baita awi’tamarafa laa junaaha ‘alaihi anyathawwa fa bihimaa waman tathawwa’ a khairan fa innallaaha syaakirun ‘aliimun ” .

Nah, saat melakukan ini Anda diturunkan ke bukit Shafa dan Marwah sambil berdoa dalam posisi menghadap ke rumah.

Jadi, nanti kamu mulai berjalan dari bukit Shafa lalu naik ke atas sampai melihat Baitullah. Setelah itu, menghadap ke kiblat sambil membaca kalimat tauhid dan takbir tiga kali.

Cobalah membaca doa ini dengan ikhlas dan hati yang tulus. Semoga Allah mengabulkan doamu.

6. Doa Umroh Setelah Melakukan Sa’i

Doa umroh yang keenam yaitu setelah melakukan sa’i. Doa setelah sa’i ini perlu kamu baca dengan baik. Supaya ibadah umroh kamu menjadi lebih sempurna.

Berikut ini bacaan latin doa setelah melakukan sa’i yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Yuk, langsung simak!

“Allaahumma rabbanaa taqabbalna minnaa wa’aafinaa wa fu ‘anna, wa’alla tha’atika wa syukrika wa’ alaal iimaani wal islaamil kaamili jami’an”.

Jadi, intinya sa’i adalah aktivitas yang perlu kamu kerjakan dengan baik, jangan sampai terlewat. Kalau sa’i ini terlewat, maka ibadah umroh kamu terbilang tidak sah. Sebab kamu meninggalkan rukun umroh yang wajib dikerjakan.

Dan sa’i tidak harus suci dari besar atau kecil. Karena itu, bagi Anda yang sedang menstruasi Anda bisa melakukannya.

Tata Cara Umroh Paling Lengkap Beserta Doanya yang Baik dan Benar Sesuai Sunnah

7. Doa Tahalul

Doa ketujuh sholat adalah tahallul. Tahallul adalah bentuk ibadah ummoh terakhir. Arti tahallul di sini adalah memotong atau mencukur rambut.

Sebelum kamu memotong rambut sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Berikut ini aku sudah menyediakan bacaan latin doa memotong rambut yang bisa kamu baca dengan baik!

“’Allaahu akbar Allaahu akbar Allahu akbar. Wal hamdulilillahi ‘ala maa hadaanaa wal hamdu lillaahi’ ala maa an’amanaa bihi alainaa. Allaahumma haadzihih naashiyatiiy fataqobbal minna wagfhir dzunubiiy. Allaahummagfirlil muhallaqiina walmuqasshariina yaa waasi’al maghfirah. Allaahummatsbut liiy bikulla sya’ratin hasanatan wamhu anna bihaa syaa’atan. Warfa’liiy bihaa indaka darajah ”.

Di sini, pria disarankan untuk mencukur rambut mereka hingga kebotakan sementara bagi wanita itu hanya sepertiga jari. Jadi, wanita tidak disarankan memotong rambut. Karena itu hanya berlaku untuk pria.

8. Doa Lengkap Tahallul

Doa umroh yang kedelapan yaitu selesai melakukan tahallul. Nah, setelah kamu beres memotong rambut, disarankan untuk membaca doa setelahnya.

Buat kamu yang belum tahu doanya, tenang saja karena di sini aku sudah menyediakan doa selesai melakukan tahallul. Yuk, langsung simak saja!

“Tuhan memberkati kita semua. Semoga Allah memberi kita iman di dunia ini, dan kita akan tetap melepaskan agama kita.”

Saat membaca doa ini kamu tidak diwajibkan suci dari sadas besar maupun kecil. Selain itu, doa ini tidak perlu kamu hapalkan. Sebab doa tersebut sudah tersedia di buku panduan umroh. Dan kamu akan dibimbing oleh pemandu dari agen travelmu.

Jadi, esensi tahallul adalah perangkat ibadah ummah terakhir. Anda diizinkan melakukan hal-hal yang semula dilarang.

9. Doa Pulang Umroh Untuk yang Datang

Setiap para jamaah yang pulang umroh biasanya akan kedatangan tamu dalam jumlah yang lumayan banyak. Biasanya tamu tersebut  yaitu tetangga, keluarga jauh, teman dan lainnya.

Karena orang yang baru pulang umroh pastinya akan membawa oleh-oleh untuk tamu yang datang ke rumahnya nanti. Oleh-oleh tersebut berupa souvenir dan air zam-zam. Nah, biasanya air zam-zam inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para tamu.

Namun tujuan utama para tamu datang itu, untuk memberikan doa atas kepulangan orang yang sudah menunaikan ibadah umroh tersebut. Doa pulang umroh untuk yang datang dalam bahasa Indonesia sudah tersedia.

Berikut ini bacaan doa pulang umroh untuk yang datang dalam bahasa Indonesia. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Allaahumma shalli ‘aalaa sayyidinaa Muhammad, wa’ alaa aalii sayyidina Muhammad. Allohumma menyombongkan shobanaa wa ikhwaanana, wa aqribaa’ana ilal makkah wal madiinah wa barikhum liziyaarati baytika wa maqbirati rasuulikal muqaddasah birahmatika zuqnaa ziyaaratal haramain, marratan ba’da mariatiiialiati -ari

10. Doa Umroh Lainnya Minum Air Zam-zam

Doa umroh yang kesepuluh atau doa tambahan lainnya yaitu doa minum air zam-zam. Doa ini juga perlu di baca saat hendak meminum air zamzam, karena di dalam aktivitas umroh kamu akan meminum air zam-zam sepuasnya.

Berikut ini adalah bacaan Latin dari doa air minum yang perlu Anda perhatikan!

“Alloohumma innii as-aluka ilman dan rafiqon waasi’an. Perangkat-an min kulli daa-in ”

Artinya:

“Ya allah, aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan obat dari segala penyakit”

Demikianlah kumpulan doa umroh sesuai sunnah yang bisa aku diberikan. Dan buat kamu yang yang ingin tahu mengenai doa untuk tamu yang datang bahasa arab dan artinya atau kumpulan doa umroh yang lengkap dengan tulisan arabnya bisa langsung cari di google ya.

Semoga bermanfaat. Bagi kamu yang akan melaksanakan ibadah umroh jangan lupa jaga kesehatan ya.